Sampai saat ini, mayoritas ahli pendidikan berpendapat bahwa masalah utama yang dihadapi oleh bangsa kita adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan.
Berbagai hal telah diupayakan untukmemecahkan persoalan tersebut, mulai dari berbagai pelatihan untuk peningkatankualitas guru dan tenaga kependidikan, perbaikan sarana dan prasarana serta yang paling besar adalah pembaharuan kurikulum pendidikan yang diarahkan pada terwujudnya proses pembelajaran yang berkualitas menuju terwujudnya sumberdaya manusia yang berkualitas.
Namun, dari sekian banyak hal yang dikemukakan mengenai faktor-faktoryang menyebabkan “keterpurukan” pendidikan bangsa kita, berdasarkan analis penulis, sedikit sekali yang menyadari bahwa “kegagalan” sistem pendidikan kita lebih berdasar kepada kesalahan paradigma yang telah membentuk dikotomi pendidikan di mana terdapat garis pemisah antara agama dan sains.
Hal ini terlihat dari pandangan masyarakat kita saat ini sebagai produk darisistem pendidikan yang telah dijalankan, di mana saat ini masyarakat sudah terlanjur senang memisahkan antara pengetahuan umum dan pengetahuan agama.
Dari pemikiran tersebut kemudian muncul istilah lain (meminjam istilah Prof. Dr.Ahmad Tafsir) yaitu sekolah umum dan sekolah agama dan pemisahan yang jelasantara masalah umum (keduniaan) dan masalah agama (akhirat).
Efek daripemikiran tersebut mudah ditebak, yaitu pemisahan antara iman dan sains.
Sehingga muncullah para alim ulama yang takut akan ilmu pengetahuan dan terang-terangan mencela dan memusuhinya dan banyak para ilmuwan yang cenderung acuh tak acuh terhadap agama.
Hal ini menyebabkan munculnya asumsi dari sebagian masyarakat seakan-akan ada perang dingin ataupertentangan antara agama dengan ilmu pengetahuan dan sebagian lagi bertanya bagaimanakah sebenarnya duduk perkaranya lihat Soedewo PK : Islam dan
Ilmu Pengetahuan).
Padahal, apabila kita menempatkan akal dan pikiran sebagai sarana utama untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, ternyata dalam al-Quran banyak sekali firman-firman Allah yang memerintahkan kepada manusia untuk menggunakan potensi akalnya dalam menelaah segala hal yang merupakan ayat- ayat (tanda-tanda) kekuasaan-Nya.
Pertanyaan-pertanyaan(Istifham) yang terdapat dalam al-Quran seperti afalaa ya’qiluun atau kalimat afalaa yatafakkaruun banyak sekali digunakan dalam al-Quran.
Hal ini menunjukan bahwa antara wahyu dan akal seharusnya berdampingan.
Murtadha Mutahhari seorang ulama, filosof dan ilmuwan Islam sebagaimana dikutip oleh HD Bastaman dalam bukunya yang berjudulIntegrasi Psikologi dengan Islam ; Menuju Psikologi Islami menjelaskan bahwa iman dan sains merupakan karakteristik khas insani, di mana manusia mempunyaikecenderungan untuk menuju ke arah kebenaran dan wujud-wujud suci dan tidak dapat hidup tanpa menyucikan dan memuja sesuatu.
Ini adalah kecenderungan iman yang merupakan fitrah manusia.
Tetapi di lain pihak manusia pun memilikikecenderungan untuk selalu ingin mengetahui dan memahami semesta alam, sertamemiliki kemampuan untuk memandang masa lalu, sekarang dan masamendatang (yang merupakan ciri khas sains).
Berdasarkan uraian tersebut, dapat kita tangkap bahwa karena iman danilmu merupakan karakteristik khas insani yang bagaikan dua sisi mata uang yangtak dapat dipisahkan, maka pemisahan antara keduanya justru akan menurunkan martabat manusia.
Di samping itu adanya adagium bahwa iman tanpa ilmu akan mengakibatkan fanatisme dan kemunduran, takhayul serta kebodohan dan sebaliknya ilmu tanpa iman akan digunakan untuk mengumbar nafsu, kerakusan,ekspansionisme, ambisi, kesombongan, penindasan, perbudakan, penipuan dan kecurangan semakin menguatkan pendapat di atas.
Dengan kata lain, iman tanpa ilmu akan menjadi lemah dan sebaliknya ilmu tanpa iman akan menjadi buta!!!.
Pemisahan dan pengotakan antara agama dan sains jelas akan menimbulkan kepincangan dalam proses pendidikan, agama jika tanpa dukungan sains akan menjadi tidak mengakar pada realitas dan penalaran, sedangkan sains yang tidak dilandasi oleh asas-asas agama dan akhlaq atau etika yang baik akan berkembang menjadi liar dan menimbulkan dampak yang merusak.
Karenanya konsep pendidikan dalam Islam menawarkan suatu sistem pendidikan yang holistik dan memposisikan agama dan sains sebagai suatu hal yang seharusnya saling menguatkan satu sama lain, yang secara umum ditunjukkan dalam doa Rasulullah :
“Ya Allah, ajarilah aku apa yang membawa manfaat bagiku, serta
karuniakanlah padaku ilmu yang bermanfaat”.
Dari doa tersebut terungkap bahwa kualitas ilmu yang didambakan dalam Islam adalah kemanfaatan dari ilmu itu.
Hal ini terlihat dari hadits Rasulullah : “Iman itu bagaikan badan yang masih
polos, pakaiannya adalah taqwa, hiasannya adalah rasa malu dan buahnya
adalah ilmu.”
Pada akhirnya, sebagai kesimpulan penulis mengutip pendapat HD
Bastaman :
“Bila anda seorang ilmuwan, simaklah al-Quran dan bila anda
seorang agamawan pelajarilah sains” sehingga diharapkan akan lahir seorang
ilmuwan yang berjiwa ulama dan ulama yang bersikap ilmiah.
Wallaahu A’lam.
Penulis: Mulyana Yusup, S.Pd.I
(Sumber: http://www.scribd.com/)
---------------------------------------------------------------------------
Ayat ruqyah, ruqyah mp3, ruqyah
download, surat ruqyah, al ruqyah, ruqyah syariah, dukun, cara santet, ilmu
santet, dukun santet, guna-guna istri muda, ilmu pelet, cara pelet, pelet
wanita, mantra pelet, mantra, ilmu putih, ilmu sihir, mantra ilmu hitam,
belajar ilmu hitam, jin jin, video setan, vidio setan, foto setan, hantu,
gambar setan, setan lucu, lagu setan, melihat alam gaib, dunia alam gaib,
cerita alam gaib, misteri alam gaib, dunia gaib, ilmu gaib, ilmu sihir, tanda
sihir.
Ruqyah, ruqyah syariah, ruqyah mp3, ruqyah
penyakit medis, ruqyah pengusir jin, ruqyah penghalang jodoh, ruqyah pembakar
jin, ruqyah pengobatan, ruqyah pengusir jin dan setan, ruqyah pengobatan
penyakit, ruqyah pengobatan islam, ruqyah pengobatan mp3, ruqyah mandiri,
ruqyah islam, ruqyah islami, jin kafir, jin qorin, ilmu pellet, ilmu gaib, ilmu
gendam, ilmu gaib dalam islam, guna guna, guna guna tanah kuburan, guna guna
dalam islam, guna guna istri muda, santet online, santet dayak, ilmu santet,
ilmu penangkal santet, ilmu santet paling ampuh, herbal nabawi, herbal nabi,
thibbun nabawi, thibbun nabawi herbal, thibbun nabawi adalah, bidara, bidara
upas, bidara laut, bidara arab, zaitun, zaitun oil, zaitun rasmin, madu, madu
penyubur kandungan, madu asli, madu penggemuk badan, madu diet, madu murni,
madu murni asli, habbatussauda, habbatussauda oil, habbatussauda adalah, jintan
hitam, jintan hitam habbatussauda, harga jintan hitam, jintan hitam dan madu,
cara mengolah jintan hitam, jintan hitam untuk diet.
Ruqyah, ruqyah syariah,
gangguan jin, zaitun, habbatussauda, daun bidara, madu, kurma, ayat ruqyah.